Katagiri Blog

Selasa, 08 Oktober 2013

TUTORIAL MEMBUAT DOCUMENT

CARA MEMBUAT COVER



    Pada Insert tab, Pages group, klik Cover Page untuk menampilkan galeri template cover page.

    Klik salah satu template yang diinginkan. Cover page akan otomatis ditempatkan di halaman pertama dokumen.
    Cover Page - Word 2007

    Jika ingin menempatkannya di halaman lain: pada galeri klik kanan thumbnail cover page dan klik pilihan yang diinginkan.
    Insert Cover Page di Halaman Lain

    Isi informasi pada field di cover page seperti judul, sub judul, dan lain-lain. Untuk membuat tanggal, klik tanda panah dan pilih tanggal pada kalender.
    Field Cover Page

    Beri gaya format yang diinginkan (bold, italic, underline) atau ganti warna dan ukuran font.

    Beberapa template cover page menyediakan gambar, bila ingin menggantinya, klik kanan pada gambar dan pilih Change Picture.
    Mengganti Gambar Cover Page

    Bila tidak tersedia gambar, kita dapat menambahkan gambar dengan cara: pada Insert tab, Illustration group, klik Insert Picture.
    Anda dapat memperoleh kumpulan gambar menawan di artikel ini: 20 Websites untuk Download Gambar Gratis.

    Klik tombol Save untuk menyimpan cover page.
    Jika ingin menyimpannya ke galeri agar dapat digunakan lagi, ikuti cara berikut:
        Pilih seluruh isi cover page.
        Pada Insert tab, klik Cover Page dan pilih Save Selection to Cover Page Gallery.
        Pada kotak dialog Create New Building Block, beri nama cover page di kotak Name dan klik OK.

    Untuk menghapus cover page: Pada Insert tab, klik Cover Page dan pilih Remove Current Cover Page.

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI

Cara membuat daftar isi di word 2007

Untuk membuat daftar isi di word 2007, maka perlu dilakukan setting atau pengaturan pada tab (tabulasi) sehingga hasilnya bisa terlihat rapi. Anda bisa membuat tabilasi (tab) dua bagian, bagian pertama untuk diisi dengan leader titik-titik, dan tabulasi kedua diisi dengan nomor halaman.

Untuk membuat daftar isi pada word 2007 lakukan prosedur berikut:

1.Pada horizontal ruler klik ,aktifkan dua tabulasi tergantung kebutuhan (jika aktif ditandai dengan tanda siku)

2. Ketik halaman judul,
selanjutnya klik kanan pada lembar kerja, pilih Paragraph...



3. Pilih Tabs...

4.Pilih 14,76 pada "Tab stop position" (sesuaikan dengan tab stop yang anda buat)
Pada bagian leader pilih 2......
Klik Set
OK
5. setelah kursor berada di bagian belakang halaman judul, tekan spasi (di keyboard)
akan muncul gairs titik-titik
tekan spasi sekali lagi akan pindah ke tab stop berikutnya, ketik nomor halaman
tekan enter untuk pindah baris

6. Ketik halaman pengesahan,letakkan kurso di bagian belakang halaman pengesahan, tekan spasi 2 kali  seperti pada langkah 5

7. lakukan langkah 5 berulang pada baris berikutnya, hasilnya akan tampak seperti di bawah ini


Jika menggunakan microsoft office 2010 bisa lihat panduannya disini cara membuat daftar isi di word 2010
- See more at: http://www.komputerseo.com/2010/02/cara-membuat-daftar-isi-di-word-2007.html#sthash.FToMKmb8.dpuf

Cara membuat daftar isi di word 2007

Untuk membuat daftar isi di word 2007, maka perlu dilakukan setting atau pengaturan pada tab (tabulasi) sehingga hasilnya bisa terlihat rapi. Anda bisa membuat tabilasi (tab) dua bagian, bagian pertama untuk diisi dengan leader titik-titik, dan tabulasi kedua diisi dengan nomor halaman.

Untuk membuat daftar isi pada word 2007 lakukan prosedur berikut:

1.Pada horizontal ruler klik ,aktifkan dua tabulasi tergantung kebutuhan (jika aktif ditandai dengan tanda siku)

2. Ketik halaman judul,
selanjutnya klik kanan pada lembar kerja, pilih Paragraph...



3. Pilih Tabs...

4.Pilih 14,76 pada "Tab stop position" (sesuaikan dengan tab stop yang anda buat)
Pada bagian leader pilih 2......
Klik Set
OK
5. setelah kursor berada di bagian belakang halaman judul, tekan spasi (di keyboard)
akan muncul gairs titik-titik
tekan spasi sekali lagi akan pindah ke tab stop berikutnya, ketik nomor halaman
tekan enter untuk pindah baris

6. Ketik halaman pengesahan,letakkan kurso di bagian belakang halaman pengesahan, tekan spasi 2 kali  seperti pada langkah 5

7. lakukan langkah 5 berulang pada baris berikutnya, hasilnya akan tampak seperti di bawah ini

- See more at: http://www.komputerseo.com/2010/02/cara-membuat-daftar-isi-di-word-2007.html#sthash.FToMKmb8.dpuf
Untuk membuat daftar isi di word 2007, maka perlu dilakukan setting atau pengaturan pada tab (tabulasi) sehingga hasilnya bisa terlihat rapi. Anda bisa membuat tabilasi (tab) dua bagian, bagian pertama untuk diisi dengan leader titik-titik, dan tabulasi kedua diisi dengan nomor halaman.

Untuk membuat daftar isi pada word 2007 lakukan prosedur berikut:

1.Pada horizontal ruler klik ,aktifkan dua tabulasi tergantung kebutuhan (jika aktif ditandai dengan tanda siku)

2. Ketik halaman judul,
selanjutnya klik kanan pada lembar kerja, pilih Paragraph...



3. Pilih Tabs...

4.Pilih 14,76 pada "Tab stop position" (sesuaikan dengan tab stop yang anda buat)
Pada bagian leader pilih 2......
Klik Set OK
5. setelah kursor berada di bagian belakang halaman judul, tekan spasi (di keyboard)
akan muncul gairs titik-titik
tekan spasi sekali lagi akan pindah ke tab stop berikutnya, ketik nomor halaman
tekan enter untuk pindah baris

6. Ketik halaman pengesahan,letakkan kurso di bagian belakang halaman pengesahan, tekan spasi 2 kali  seperti pada langkah 5


CARA MEMBUAT EQUATION
Ada beberapa cara :

1) Menggunakan mouse

    Tekan menu insert
    Tekan menu Equation [ liat menu bagian atas kanan ]
    Akan muncul sebuah kotak di area dokumen
    Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki
    Mulai menulis rumus

2) Menggunakan Keyboard

Cara 1:

    Tekan tombol Alt
    Liat posisi menu yang berwarna kuning
    Gunakan tombol arrow kakan / kiri, untuk berpindah antar menu / sub menu [ pastikan ke menu insert ]
    Gunakan tombol tab untuk masuk ke sub menu
    Gunakan tombol tab / arrow untuk menuju ke menu Equation
    Akan muncul sebuah kotak di area dokumen
    Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki
    Mulai menulis rumus

Cara 2:

    Tekan tombol Alt
    Tekan huruf N [ masuk ke menu insert ]
    Tekan huruf E [ masuk ke menu Equation ]
    Akan muncul sebuah kotak di area dokumen
    Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki
    Mulai menulis rumus

Cara 3:

    Tekan kombinasi tombol Alt + = [ Alt dan = , ditekan bareng ]
    Akan muncul sebuah kotak di area dokumen
    Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki
    Mulai menulis rumus

Silakan bandingkan, mana yang cocok sesuai selera anda

CARA MEMBUAT HEADER DAN FOOTER

Nah, untuk membuat Header maka informasi tersebut berada pada bagian atas dari penulisan yang kita lakukan. Cara nya sebagai berikut :

1. Klik menu ribbon Insert
 2. Kemudian klik Header.

3. Setelah itu pilih salah satu header yang anda inginkan.
4. Kemudian ketik informasi yang ingin di tampilkan.
5. Kemudian Close header. (Lihat gambar bawah).
Hal serupa juga dapat anda gunakan untuk Membuat Footer. Tetapi untuk posisi footer berada pada bagian bawah. Cara sebagai berikut :

1. Klik menu ribbon Insert.
2. Kemudian pilih Footer.
3. Setelah itu pilih salah satu footer yang anda inginkan.
4. Kemudian ketik informasi yang ingin di tampilkan.
5. Kemudian Close footer.


CARA MEMBUAT WATERMARK

Catatan: Watermark hanya bisa dilihat di tampilan Print Layout dan Full Screen Reading.
  1. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
  2. Lakukan hal berikut:
    • Jika ingin menggunakan watermark yang sudah tersedia di galeri, seperti teks Confidential atau Do Not Copy, klik pada teks tersebut.
    • Jika ingin membuat teks tersendiri, klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
    • Klik Text watermark dan lakukan hal berikut:
      1. Klik pada kotak di samping Text, ketik teks yang diinginkan.
      2. Atur format pada Font (tipe font), Size (ukuran), dan Color (warna).
      3. Atur Layout watermark.
      4. Klik OK bila sudah selesai.

Cara Membuat Watermark dari Gambar
  1. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
  2. Klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
  3. Klik Picture watermark, dan kemudian klik Select Picture.
  4. Pilih gambar yang diinginkan dan kemudian klik Insert.
  5. Atur persentase ukuran gambar pada Scale.
  6. Centang kotak Washout agar warna gambar lebih transparan sehingga tidak mengganggu teks pada dokumen.
  7. Klik OK bila sudah selesai.

Cara Membuat Watermark di Halaman Tertentu
Untuk membuat watermark di halaman tertentu saja kita perlu memisahkan dokumen dengan cara membuat section.
Contoh pada gambar, dokumen terdiri dari 3 section dan kita akan membuat watermark di section 2 saja.

Ada 3 tahap yang perlu dilakukan sebagai berikut:
  1. Membuat Section Break
    • Buat 3 buah section break dengan cara berikut: pada Page Layout tab, Page Setup group, klik Breaks, dan klik Next Page di bagian Section Breaks.

  1. Menghapus Link Antar Section
    Sekarang kita akan menghapus link antar section supaya watermark tidak muncul di section 1 dan 3.
    1. Klik ganda pada bagian header/footer section 1 untuk memunculkan Header & Footer Tools.
    2. Pada Header & Footer Tools, Design tab, Navigation group, pada bagian Header dan juga Footer nonaktifkan Link to Previous dengan cara mengkliknya supaya header/footer antar section tidak berhubungan.
    3. Ulangi langkah- langkah di atas untuk section 3.
      Tip: Anda dapat berpindah antara Header dan Footer dengan mengklik Go to Header atau Go to Footer. Untuk berpindah antar section, klik Previous Section atau Next Section.

  1. Membuat Watermark
    1. Klik ganda pada bagian header/footer di halaman yang ingin ditempatkan watermark, yaitu pada section 2.
    2. Pastikan bagian header/footer tetap aktif dan klik Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark. Lakukan langkah-langkah membuat watermark seperti contoh di atas.

Cara Merubah atau Mengedit Watermark
  1. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
  2. Klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
  3. Buat perubahan yang diinginkan.
  4. Bila ingin menghapus watermark yang sudah ada, klik No watermark dan buat watermark yang baru.

Cara Menghapus Watermark
  1. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
  2. Klik Remove Watermark.

CARA MEMBUAT KOLOM KORAN DAN DROPCAP

1. Cara Membuat Kolom

  1. Pilih orientasi kertas, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation. Pilih Portrait atau Landscape.
    Page Setup Group
  2. Pilih kumpulan teks seperti contoh berikut.
    Contoh Teks
  3. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
  4. Pilih Two untuk membuat dua kolom.
    Columns
  5. Pada contoh ini terdiri dari dua bagian:
    1. Judul (Lorem Ipsum) = satu kolom.
    2. Isi = dua kolom.
    Untuk gabungan ini, Microsoft Word akan otomatis membuat Section Break (Continuous).
  6. Pada kolom, teks akan mengalir sampai batas bawah halaman kemudian baru berpindah ke kolom selanjutnya.
    Portrait - 2 Kolom
  7. Jika Anda tidak menginginkan teks sampai batas bawah halaman maka dapat menggunakan Column Break.
    Contoh Column Break
    Caranya:
    1. Letakkan kursor di depan teks yang akan dipindahkan.
    2. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks.
    3. Pada bagian Page Breaks, pilih Column.
    4. Microsoft Word akan memindahkan teks ke kolom berikutnya.


2. Cara Mengatur Lebar dan Jarak Kolom

  1. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns.
    Column Dialog Box
  2. Untuk mengatur lebar kolom, ubah angka pada kotak Width.
  3. Untuk mengatur jarak antar kolom, ubah angka pada kotak Spacing.
  4. Klik OK bila sudah selesai.


3. Cara Memberi Garis Pemisah Pada Kolom

  1. Jika kolom terdiri dari beberapa section, klik pada section yang ingin diberi garis.
  2. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns.
  3. Centang kotak Line between.
    Garis Antar Kolom
  4. Klik OK bila sudah selesai.


4. Cara Mengganti Jumlah Kolom

  1. Klik pada bagian kolom yang ingin diganti jumlahnya.
  2. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
  3. Pilih jumlah kolom yang diinginkan.
    • One - 1 kolom.
    • Two - 2 kolom.
    • Three - 3 kolom.
    • Left - untuk membuat kolom kiri lebih sempit (hanya untuk 2 kolom).
      Column Left
    • Right - untuk membuat kolom kanan lebih sempit (hanya untuk 2 kolom).
      Column Right
  4. Untuk membuat lebih dari 3 kolom, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns.
  5. Ganti jumlah kolom pada kotak Number of columns.
  6. Klik OK bila sudah selesai.


5. Cara Membuat Tampilan Kolom Seperti Di Jurnal

Jurnal-jurnal penelitian kadang menggunakan gabungan kolom seperti gambar berikut. Walaupun kelihatan agak rumit, tapi sebenarnya cukup mudah cara pengaturannya. Intinya hanya menggunakan Breaks, yaitu Section Break dan Column Break.
Gabungan Kolom
  • Bagian 1: Judul
    • Ketik teks dan kemudian pada akhir teks, tekan Enter.
    • Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks.
    • Pada bagian Section Breaks, pilih Continuous.
  • Bagian 2: Nama dan email
    1. Buat dua kolom: pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns dan pilih Two.
    2. Ketik isi kolom (nama dan email).
    3. Selanjutnya buat Column Break:
      1. Letakkan kursor di depan nama kedua (contoh gambar: Rane).
        Bagian Dua - 2 Kolom
      2. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks.
      3. Pada bagian Page Breaks, pilih Column.
    4. Pada bagian akhir kolom kedua, tekan Enter dua kali.
    5. Buat section break: di Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks. Pada bagian Section Breaks, pilih Continuous.
  • Bagian 3: Kumpulan teks dua kolom
    1. Karena di bagian 2 sudah dibuat dua kolom, di bagian ini tidak perlu lagi membuatnya.
    2. Ketik isi kolom.
    3. Pada bagian akhir kolom kedua, tekan Enter.
    4. Buat section break: di Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks. Pada bagian Section Breaks, pilih Continuous.
  • Bagian 4: Daftar
    1. Buat satu kolom: pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns dan pilih One.
    2. Ketik teks yang diinginkan.
  • Hasilnya akan seperti gambar berikut. Tekan tombol CTRL + SHIFT + * untuk melihat garis Section Break dan Column Break.
    Contoh Tampilan Gabungan Kolom Di Dokumen Word
 CARA MEMBUAT TABEL


1. Cara Membuat Tabel di Word

Ada 4 cara untuk membuat tabel di Word, yaitu:
  1. Menggunakan template
    1. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, arahkan ke Quick Tables, dan kemudian klik template yang diinginkan.
    2. Ganti data pada template.

  2. Menggunakan menu Table
    1. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table.
    2. Di bagian Insert Table, geser mouse untuk memilih jumlah baris dan kolom.
      Insert Table

  3. Menggunakan perintah Insert Table
    1. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Insert Table untuk memunculkan kotak dialog.
    2. Di bagian Table size, masukkan jumlah baris dan kolom.
    3. Di bagian AutoFit behavior, buat pilihan untuk menyesuaikan ukuran tabel.

  4. Menggambar tabel
    1. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Draw Table.
    2. Pointer akan berubah menjadi pensil.
    3. Buat kotak persegi. Kemudian buat garis kolom dan baris di dalamnya.
    4. Untuk menghapus garis, pada Table Tools, Design tab, Draw Borders grup, klik Eraser.
    5. Klik garis yang ingin dihapus.

2. Cara Menambah Baris dan Kolom pada Tabel

  1. Klik pada sel yang ingin ditambahkan baris atau kolom.
  2. Pada Table Tools, di Layout tab, Rows & Columns grup, pilih:
      Rows & Colums Group
    • Insert Above, untuk menyisipkan baris baru di sebelah atas sel.
    • Insert Below, untuk menyisipkan baris baru di sebelah bawah sel.
    • Insert Left, untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kiri sel.
    • Insert Right , untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kanan sel.
  3. Tip: kita juga bisa menggunakan klik kanan pada sel untuk menampilkan pilihan di atas.

3. Cara Menghapus Sel, Baris, Kolom atau Tabel

  1. Pada Table Tools, di Layout tab, Rows & Columns grup, klik Delete.
    Delete Table
  2. Tentukan pilihan, apakah akan menghapus sel, kolom, baris atau tabel.

4. Cara Menggabungkan dan Membagi Sel pada Tabel

  • Menggabungkan sel
    1. Pilih sel-sel yang akan digabungkan.
    2. Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Merge Cells.
  • Membagi sel
    1. Klik sebuah atau beberapa sel yang akan dibagi.
    2. Pada Table Tools, Layout tab, Merge grup, klik Split Cells.
    3. Masukkan jumlah kolom atau baris yang ingin dibagi.
    4. Centang kotak merge cells before split, apabila sel yang ingin dibagi lebih dari satu.
      Misalnya, ada 2 sel yang akan dibagi menjadi 4. Bila kotak ini dicentang maka sel akan digabung dahulu baru kemudian dibagi. Sebaliknya bila kotak ini tidak dicentang, maka masing-masing sel akan dibagi 4 sehingga jumlah sel baru adalah 8.

5. Cara Format Tabel

Format tabel dengan memberi warna dan garis pembatas (border) dengan dua cara berikut ini.
  • Menggunakan Table Styles
    Cara pertama adalah menggunakan Table Styles yang sudah disediakan Microsoft Word. Cara ini bisa digunakan untuk memberi warna dan garis dengan cepat pada tabel.
    1. Klik tabel yang ingin diformat.
    2. Pada Table Tools, klik Design tab.
    3. Di Table Styles grup, tempatkan kursor di setiap style untuk melihat tampilan tabel.
      Table Styles
    4. Klik style yang ingin digunakan.
    5. Di bagian Table Style Options grup, centang kotak elemen tabel yang ingin digunakan, seperti Header Row, Total Row, dan lain-lain.

  • Membuat dan Menghapus Garis Pembatas pada Tabel
    • Membuat Garis Pembatas
      1. Klik tabel atau bagian tabel yang ingin diberi garis pembatas.
      2. Pada Table Tools, klik Design tab.
      3. Di bagian Table Styles grup, klik tanda panah pada Borders, dan pilih bentuk garis pembatas yang disediakan. Atau klik Borders and Shading, dan pada Borders tab, pilih bentuk garis pembatas yang diinginkan.
        Borders

    • Menghapus Garis Pembatas
      1. Klik tabel atau bagian tabel yang ingin dihapus garis pembatasnya.
      2. Pada Table Tools, klik Design tab.
      3. Di bagian Table Styles grup, klik tanda panah pada Borders, dan klik No Border untuk menghapus pembatas tabel.
      4. Untuk menghapus bagian tertentu saja, klik tanda panah pada Borders, dan kemudian klik Borders and Shading. Pada Borders tab, di bagian preview, klik garis yang ingin dihilangkan.

6. Cara Mengatur Pemisahan Baris dalam Tabel

  • Mencegah pemisahan isi baris dalam tabel
    Microsoft Word akan secara otomatis memisahkan isi baris tabel yang panjang ke halaman berikutnya bila baris tersebut terletak di akhir halaman. Untuk membuat isi baris yang panjang ini tidak terpisah dan ditempatkan semuanya di halaman selanjutnya, gunakan cara berikut:
    1. Klik pada tabel.
    2. Pada Table Tools, klik Layout tab.
    3. Di Table grup, klik Properties, dan pilih Row tab.
    4. Hilangkan pilihan pada kotak Allow row to break across pages dan klik OK.

  • Memisahkan tabel ke halaman selanjutnya pada baris tertentu
    1. Klik pada baris yang ingin ditempatkan di halaman berikutnya.
    2. Tekan CTRL+ENTER. Cara ini disebut juga page break manual.

7. Cara Membuat Table Heading Berulang Pada Setiap Halaman

  1. Pilih baris heading (harus termasuk baris pertama pada tabel).
  2. Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Repeat Header Rows.
    Catatan: Table heading berulang hanya ada di print layout view atau ketika Anda mencetak dokumen tersebut. Table heading berulang tidak akan muncul bila Anda melakukan page break manual (CTRL + ENTER) dalam tabel.
  3. Untuk menghilangkan table heading berulang: klik pada heading table di halaman pertama. Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Repeat Header Rows.

8. Mengurutkan Data pada Tabel

  1. Klik pada tabel.
  2. Pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Sort.
  3. Pada kotak dialog Sort, pilih kolom atau header kolom yang dijadikan sebagai dasar pengurutan.

9. Memberi Penomoran Pada Sel di Tabel

  1. Pilih sel pada tabel yang akan diberi nomor.
    Tip: Untuk memberi nomor pada setiap baris, klik pada kolom pertama.
  2. Pada Home tab, Paragraph grup, klik Numbering.

10. Cara Mengubah Kumpulan Teks Menjadi Tabel dan Sebaliknya

  • Mengubah Kumpulan Teks Menjadi Tabel
    1. Masukkan tanda pemisah seperti koma dan tabs untuk menentukan dimana kumpulan teks ini akan dibagi menjadi kolom. Gunakan paragraf untuk menandai baris baru.
    2. Pilih kumpulan teks yang akan diubah ke bentuk tabel.
      Misalnya, kumpulan teks di bawah ini yang terdiri dari 2 paragraf akan diubah ke bentuk tabel. Pemisahnya berupa koma.
      kumpulan paragraf
    3. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan kemudian klik Convert Text to Table untuk menampilkan kotak dialog. Pengaturannya seperti di gambar berikut ini.
      Convert Text to Table
    4. Klik OK dan kumpulan teks akan menjadi seperti gambar berikut ini.
      Text to Table
  • Mengubah Tabel Menjadi Kumpulan Teks
    1. Pilih kumpulan baris atau tabel yang akan diubah menjadi paragraf.
    2. Pada Table Tools, Layout tab, Data grup, klik Convert to Text.
    3. Di bagian Separate text at, pilih tanda pemisah kolom yang akan digunakan. Untuk baris akan dipisahkan menjadi paragraf. 


    CARA MEMBUAT FOOTNOTE
     

    Foot note merupakan catatan kaki yang terletak pada bagian akhir di halaman yang sama. Foot note berisi suatu keterangan, uraian atau referensi suatu kutipan. Foot note biasanya ditandai dengan angka pada akhir kalimat atau kata yang diberi footnote.

    Untuk membuat foot note di Word 2007, dapat diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

        Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote.
        Klik References kemudian klik Insert Footnote
        Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut.
        Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan.
        Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut.
        Lakukan hal yang sama untuk membuat footnote selanjutnya, dan secara otomatis nomor footnote juga akan berubah sesuai dengan urutan.


CARA MEMBUAT BULLET AND NUMBERING



Menggunakan bullet dan numbering (penomoran otomatis) Microsoft Word 2007- Bullet and Numbering adalah perintah untuk membuat simbol atau penomoran secara otomatis pada awal baris atau kalimat.

1) Membuat simbol dengan bullets
Perhatikan contoh penggunaan bullet dalam kalimat berikut.
contoh penggunaan bullet
Langkah untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a) Tempatkan kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan bullets.
b) Klik tab Home, kemudian pada submenu Paragraph pilih tombol Bullet, maka akan tampil kotak dialog sebagai berikut.
Pilihan bullets
Gambar 5.46. Pilihan bullets
c) Klik pada tombol Bulleted, dan pilih salah satu bullets yang diinginkan. Klik tombol Define New Bullet untuk memilih jenis lain.
d) Klik OK untuk menutup kotak tersebut.

2) Penomoran Baris
Perhatikan contoh penomoran berikut.
Perhatikan contoh berikut
Langkah untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a) Posisikan kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan nomor baris.
b) Klik tab Home, kemudian pada submenu Paragraph pilih Numbering.
c) Klik pada tombol Numbered dan pilih salah satu numbering yang diinginkan, kemudian klik OK untuk menutup kotak tersebut.
Pilihan format penomoran angka
Gambar 5.47. Pilihan format penomoran angka
Membuat header and footer Microsoft Word 2007
Header dan footer adalah tempat di bagian atas atau bawah halaman yang dapat diisi dengan teks, gambar, autoshapes, dan informasi lainnya. Header and footer akan ditampilkan di setiap halaman. Cara membuatnya adalah klik tab Insert, kemudian pilih Header and Footer, maka secara otomatis akan tampil area header dan area footer. Pada saat klik Header, muncul beberapa pilihan Built In antara lain sebagai berikut.
Gambar 5.48. Kotak dialog Header and Footer
Pencetakan (Print) Microsoft Word 2007
Jika semua pekerjaan dalam Microsoft Word 2007 sudah selesai, maka kita tinggal melakukan langkah akhir yaitu pencetakan. Pencetakan ada yang dapat dilakukan ke layar atau dicetak ke dalam kertas. Berikut adalah langkah melakukan pencetakan ke kertas (print). Sebelum melakukan pencetakan dokumen-dokumen pada kertas, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah dokumen-dokumen yang dibuat telah sesuai dengan keinginan Anda. Untuk memeriksanya, lakukan langkah berikut.
1) Klik Print Preview pada Quick Access Toolbar (jika belum ada, perlu dimunculkan).
Print Preview sebagai cetakan dokumen di layar
Gambar 5.49. Print Preview sebagai cetakan dokumen di layar
2) Pilih dan klik Zoom untuk memperbesar atau memperkecil.
3) Klik Close pada jendela untuk menutup tampilan Print Preview.
Setelah semua benar sesuai dengan tampilan sementara, maka Anda siap mencetak ke dalam kertas dengan proses pencetakan dokumen Word 2007 melalui langkah berikut.
1)      Tekan tombol Ctrl + P pada keyboard secara bersamaan hingga muncul kotak dialog sebagai berikut.
Kotak dialog Print
Gambar 5.50. Kotak dialog Print
2) Pilih Name untuk menentukan printer driver yang akan digunakan.
3) Pada kotak page range:
a) All, jika ingin mencetak semua halaman.
b) Current Page, jika hanya ingin mencetak halaman tempat kursor berada.
c) Page, jika hanya ingin mencetak halaman tertentu saja dengan mengetikkan nomor halaman yang diinginkan.
d) Selection, jika hanya ingin mencetak teks yang telah dipilih.
4) Pada kotak Number of Copies, ketik angka sesuai jumlah rangkap yang diinginkan.
5) Pada daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6) Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
a) All pages in range, jika ingin mencetak halaman ganjil dan genap.
b) Odd pages, jika ingin mencetak halaman ganjil saja.
c) Even pages, jika ingin mencetak halaman genap saja.
7) Klik OK.


CARA MEMASANG GAMBAR

Cara memasukkan gambar pada microsoft word sangatlah mudah. Bagaimanapun juga fungsi sebuah gambar sangatlah penting. Sebuah gambar mampu mewakili begitu banyak kata. Untuk hiasan dan untuk keperluan penjelasan lainnya, gambar adalah salah satu pilihan tepat untuk mempermudah sebuah pemahaman. Begitu juga ketika anda sedang mengetik pada sebuah dokumen ms word, pasti seringkali anda pun akan membutuhkan gambar yang harus dimasukkan kedalam ketikan anda.
Memasukkan gambar pada microsoft word tidaklah sulit. Anda hanya membutuhkan beberapa kali klik saja untuk melakukannya. Apa sih yang tidak bisa dilakukan pada era modern seperti sekarang ini? iya kan? nah, pada kesempatan kali ini, kami menggunakan program microsoft word 2007. Untuk ms word keluaran tahun 2010 pun sepertinya tidak jauh berbeda susunan menunya. 
Inilah cara memasukkan gambar pada microsoft word :
1. Klik / pilih tab menu insert. Lihat pada gambar dibawah ini, klik pada gambar untuk memperjelas.
cara memasukkan gambar pada microsoft word
2. Klik / pilih picture
3. Akan muncul browse, cari gambar yang sudah anda simpan sebelumnya pada drive komputer atau laptop anda. Lihat pada gambar dibawah ini, klik pada gambar untuk memperjelas.
cara memasukkan gambar pada microsoft word
4. Klik / pilih gambar yang akan anda masukkan.
5. Pilih insert.
6. Gambar sudah berhasil di masukkan. Lihat pada gambar dibawah ini, klik pada gambar untuk memperjelas.
cara memasukkan gambar pada microsoft word
6. Selesai
Itulah sedikit tips bagaimana cara memasukkan gambar pada microsoft word tersebut. Semoga saja tips sederhana ini dapat membantu anda yang belum mengetahui.

Cara membuat daftar isi di word 2007

Untuk membuat daftar isi di word 2007, maka perlu dilakukan setting atau pengaturan pada tab (tabulasi) sehingga hasilnya bisa terlihat rapi. Anda bisa membuat tabilasi (tab) dua bagian, bagian pertama untuk diisi dengan leader titik-titik, dan tabulasi kedua diisi dengan nomor halaman.

Untuk membuat daftar isi pada word 2007 lakukan prosedur berikut:

1.Pada horizontal ruler klik ,aktifkan dua tabulasi tergantung kebutuhan (jika aktif ditandai dengan tanda siku)

2. Ketik halaman judul,
selanjutnya klik kanan pada lembar kerja, pilih Paragraph...



3. Pilih Tabs...

4.Pilih 14,76 pada "Tab stop position" (sesuaikan dengan tab stop yang anda buat)
Pada bagian leader pilih 2......
Klik Set
OK
5. setelah kursor berada di bagian belakang halaman judul, tekan spasi (di keyboard)
akan muncul gairs titik-titik
tekan spasi sekali lagi akan pindah ke tab stop berikutnya, ketik nomor halaman
tekan enter untuk pindah baris

6. Ketik halaman pengesahan,letakkan kurso di bagian belakang halaman pengesahan, tekan spasi 2 kali  seperti pada langkah 5

7. lakukan langkah 5 berulang pada baris berikutnya, hasilnya akan tampak seperti di bawah ini


Jika menggunakan microsoft office 2010 bisa lihat panduannya disini cara membuat daftar isi di word 2010
- See more at: http://www.komputerseo.com/2010/02/cara-membuat-daftar-isi-di-word-2007.html#sthash.FToMKmb8.dpuf

Cara membuat daftar isi di word 2007

Untuk membuat daftar isi di word 2007, maka perlu dilakukan setting atau pengaturan pada tab (tabulasi) sehingga hasilnya bisa terlihat rapi. Anda bisa membuat tabilasi (tab) dua bagian, bagian pertama untuk diisi dengan leader titik-titik, dan tabulasi kedua diisi dengan nomor halaman.

Untuk membuat daftar isi pada word 2007 lakukan prosedur berikut:

1.Pada horizontal ruler klik ,aktifkan dua tabulasi tergantung kebutuhan (jika aktif ditandai dengan tanda siku)

2. Ketik halaman judul,
selanjutnya klik kanan pada lembar kerja, pilih Paragraph...



3. Pilih Tabs...

4.Pilih 14,76 pada "Tab stop position" (sesuaikan dengan tab stop yang anda buat)
Pada bagian leader pilih 2......
Klik Set
OK
5. setelah kursor berada di bagian belakang halaman judul, tekan spasi (di keyboard)
akan muncul gairs titik-titik
tekan spasi sekali lagi akan pindah ke tab stop berikutnya, ketik nomor halaman
tekan enter untuk pindah baris

6. Ketik halaman pengesahan,letakkan kurso di bagian belakang halaman pengesahan, tekan spasi 2 kali  seperti pada langkah 5

7. lakukan langkah 5 berulang pada baris berikutnya, hasilnya akan tampak seperti di bawah ini


Jika menggunakan microsoft office 2010 bisa lihat panduannya disini cara membuat daftar isi di word 2010
- See more at: http://www.komputerseo.com/2010/02/cara-membuat-daftar-isi-di-word-2007.html#sthash.FToMKmb8.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar